Jumat, 27 Februari 2015

Pride (2014)

Sinopsis Film Pride

Film British, saya suka karena logatnya yang unik. Akting para pemainnya yang terbagi rata sehingga meski sedikit membosankan dengan beberapa adegan yang terlalu berlebihan menjadi larut dengan ceritanya yang panjang. Istimewanya karena ini sebuah film yang diadaptasi dari kisah nyata di Inggris pada tahun 1984. Dan untung saja tak ada adegan gay yang berlebihan. 5/10.


Kisah para pendiri LGSM (Lesbians and Gays Support The Miners) mendukung buruh tambang yang melakukan mogok kerja terpanjang dalam sejarah kala itu. LGSM dipimpin oleh Mark (Ben Schnetzer) yang penuh ambisi untuk membantu para buruh tambang selama masa mogok kerja. Ketika itu mereka berkenalan dengan seorang buruh bernama Dai (Paddy Considine) yang bersedia menerima sumbangan dari LGSM.

Masalahnya, sebagian besar buruh tak sudi mendapat bantuan dari para gay dan lesbian. Karena ketika itu gay dan lesbian masih dianggap tabu. Hanya beberapa dari teman dekat Dai yang bersedia menerima mereka bahkan mau bertema dengan anggota LGSM. Ketika mogok kerja buruh berakhir, sebuah mosi disetujui oleh Partai Buruh untuk mengakomodasi hak-hak gay dan lesbian. Hal itu ditunjukkan sebagai bentuk solidaritas mereka atas dukungan LGSM selama masa mogok kerja.

"Lesbians and Gays Support The Miners!"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar